Menjelajahi Kota Yogyakarta

Omah Nduwur (kotagede yogyakarta)

6:06:00 PM Annisa Rahma92 0 Comments

Hai guys .. !


Kota jogja memang terkenal banget dari segi kebudayaan jawa yang kental, seni yang memukau, dan kuliner yang enak-enak .. 

Senang rasanya bisa menikmati berbagai hal di kota Yogyakarta. Mulai dari kulinernya sampai kerajinannya. Beberapa pengalaman saya di Yogyakarta selain mengunjungi rumah batik, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, kali ini saya ingin membagikan sedikit informasi yang sudah saya dapat mengenai kuliner bersejarah di Yogyakarta. Bukan hanya makanannya saja lo yang memiliki sejarah, banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah yang terdapat di Jogja. Seperti yang satu ini, mengenai bangunan rumah makan bersejarah di Yogyakarta, tepatnya di kotagede.

Snap this picture from above

Inilah salah satu hasil jepretan saya di " Omah Dhuwur " yang saya ambil dari lantai atas..

Kesempatan saya bertemu dengan bapak Irsyam Sigit Wibowo, dengan sapaan akrab beliau adalah pak Irsyam. Pertemuan yang luar biasa dengan beliau. Segala pengalaman yang beliau ceritakan, dengan segala kerendahan hatinya mampu menginspirasi saya.

Pak irsyam merupakan owner atau pemilik dari rumah makan Omah Dhuwur . Wahh, dari namanya saja sudah terdengar jawa sekali. Bagaimana dengan menu dan ornamen di rumah makan ini ??

Apa itu Omah Dhuwur?

Omah di ambil dari bahasa jawa yang berartikan : Rumah. Begitu juga dengan kata Dhuwur, yang berartikan atas atau tinggi. Bangunan ini sudah berusia lebih dari 150 tahun. Design atau atsmosfir dari Omah Dhuwur ini bernuansa kolonial yang di padukan dengan etnik jawa. Terkesan klasik, mewah, dan khas Jawa. Dulu rumah ini adalah tempat legendaris yang merupakan milik dari pak Tembong. Dimana beliau ini dulunya terkenal dengan orang yang sangat kaya raya pada awal tahun 1900-an. Pada tahun 2000, rumah ini dimiliki oleh Harto Soeharjo, seorang pengusaha perak di Kota Gede, Yogyakarta. 
Pada tahun 2002, mulailah tempat ini di jadikan sebagia tempat rumah makan yang telah dimilki oleh bapak Irsyam. Semua menu yang di sediakan disini, baik makanan maupun minuman adalah menu kreasi sendiri dari pak irsyam, yang pastinya memiliki cita rasa yang unik, uenak dan khas sekali, dengan menggunakan rempah-rempah indonesia, seperti cengkeh, kayu manis, kapulaga, dll.

Contohnya saja menu yang di tawarkan seperti “Ayam Goreng Sereh”, dan yang istimewanya lagi adalah racikan minuman dari pak Irsyam, yaitu aneka wedang cabe. Untuk bisa menikmati berbagai macam wedang, kami di beri kesempatan untuk mengunjungi akringan Pendopo Nde LUWEH, Kotagede. Jarak lokasinya tidak begitu jauh dengan Omah Dhuwur. Berhubung saya menikmati sekali kopi darat dengan bapak irsyam, sampai lupa memotret beberapa ornamen ataupun spot uniq di rumah makan Omah Dhuwur ini.

Nde LUWEH, sebuah angkringan tradisional, yang dimana mayoritas ornamen yang digunakan bernuansa kayu. Ditemani gemerlap lampu di setiap sudut-sudut taman. Nuansa cantik dan cozy semakin terasa ketika  di malam hari, membuat suasana semakin hangat dan nggak bisa moveon! Tempat ini di buka pukul 17.00 pm - 23.00 pm. Disini terdapat wedang labu, wedang chocolate, wedang kelengkeng, wedang apel, wedang kapulaga, dan masih banyak lagi.
Alhamdulillah, pertemuan yang mengesankan dan luar biasa dengan beliau, dengan jamuan yang luar biasa pula dari beliau, dan alhamdulillah sekali lagi, saya dapatkan pula semuanya secara free!. Lain waktu dan kesempatan pingin banget buat balik kesini lagi .  Lalu dari pertemuan ini, yang membuat saya terisnpirasi oleh beliau ialah, dari rasa ingin tahu yang begitu tinggi terhadap sesuatu, ingin mencoba sesuatu yang baru, dan tidak takut akan pesaing. 

Pada dasarnya konsep restauran Omah Dhuwur ini mengangkat makanan tradisional yang memiliki nilai jual lebih dan dikemas dengan konsep yang modern.

Oiiyaa... aku share beberapa foto menu yang sempat aku pesan disini yahh..! Let see!

Banana Split
Wedang sereh dan jahe

Wedang Cabe-cabean

Hanya jus buah, hahaha

Berbagai macam wedang, yang di tengah contoh wedang kapulaga

THANKYOU GUYS ...


Omah Dhuwur : jln. Mondorakan 54 kotagede, Yogyakarta. Phone : (0274) 374952.

You Might Also Like

0 comment: